25 Februari 2011

Strategi Bisnis Busana Muslim Di Daerah-Daerah



Strategi Bisnis Busana Muslim Di Daerah-Daerah

Beberapa pertanyaan Mengenai Startegi Bisnis. Semoga bisa membantu, Kalau ada yang kurang-kurang, mohon maaf sebelumnya.

Komentar 1 : Istri saya beberapa tahun terakhir ini berjualan pakaian terutama busana muslim. Namun penjualan yg cuma disekitar tetangga dan teman rasanya kurang berkembang dan karena sistem kredit jadinya beberapa mengalami kerugian.

Kalau soal penjualan kredit, saya dinasehati begini “kalau berani memberi kredit, harus berani nagih“. Yang terjadi kan berani memberi kredit, tapi saat menagih, sulit sekali, sehingga menyurutkan keberanian kita untuk terus menagih.

Urusan kredit begini bisa belajar dari Bank. Apapun akan dilakukan agar kredit bisa terus ditagih. Sampai harus pakai debt collector segala kan.Konsekuensinya, kalau kembali ditarik ke depan, dari awal sebelum memberi kredit harus diperhitungkan resiko kredit macet, resiko perputaran modal yang pelan, resiko perubahan harga, dll. Asumsi kredit macet, biaya penagihan dan biaya lain, semestinya bisa diperhitungan dan bisa tercover dari keuntungan yang masuk. Makanya jadi wajar kalau menjual kredit harganya lebih tinggi daripada membeli dengan cash.

Komentar 2: Untuk buka kios pertama kali untuk mengisi kios-nya apakah kita pesan lewat internet atau sebaiknya kami datang ke jakarta langsung mencari suplier misal tanah abang ? saat ini kami berdomisili di indonesia timur, manado. pernah beberapa kali pesan di internet kadang barang tidak seperti yg ditampilkan. kami pernah rugi banyak. tapi kalo ke jakarta juga saya tidak tahu harus kemana, cuman tau tanah abang tapi belum tau seperti apa.


Belajar dari pengalaman saya buka kios dulu, ada baiknya untuk mengisi toko pertama bisa diperoleh secara langsung dari supliernya. Sehingga ada kesempatan untuk memilih-milih secara langsung dan melihat secara langsung barang yang akan dibeli. Namun mengingat lokasi anda yang jauh dari pusat grosir garment, sebaiknya dihitung-hitung biaya yang timbul jika harus mendatangi langsung pusat grosir pakaian tersebut. Sebaiknya sekali datang bisa belanja dalam jumlah banyak, sehingga biayanya menjadi lebih murah.

Alternatif lain, anda bisa mencoba melakukan kerja sama dengan orang yang satu daerah yang menjual produk yang sama / mirip, untuk bisa belanja bareng. Mungkin agak berat untuk mencari orang yang mau diajak kerja sama tersebut. Tapi kalau ada niat biasanya ada jalan, apalagi kalau bisa sambil menjalin silaturahim dan membangun kerjasama yang saling menguntungkan insyaAlloh ada jalannya.

Alternatif lain, beli saja dari pusat perkulakan di daerah anda. Anda bisa cari tahu pedagang-pedagang yang ada di daerah anda biasa mengambil barang dari mana saja. Siapa tahu sudah ada suplier di daerah anda yang bisa anda datangi. Kadang di daerah bisa ditemui suplier keliling, yang biasa berkeliling dari pasar ke pasar menawarkan barang dagangan. Biasanya mereka menggunakan armada truk atau box yang berisi barang yang ditawarkan. Siapa tahu di daerah anda ada semacam ini. (kalau belum ada bisa jadi peluang khan).

Untuk membeli dari internet, memang salah satu resikonya barang tidak sama persis dengan yang ada di foto. Bagi penjual online pasti sudah berusaha menampilkan gambar apa adanya, tapi namanya foto, tidak bisa menunjukkan kulitas bahannya, ketebalan kain, kerapihan jahitan, kualitas bordiran, dll.

Kalau beli secara online , sebaiknya beli barang contoh / sample dulu. Sehingga bisa tahu kualitas barangnya dan tidak keluar biaya yang banyak. Baru kalau sesuai dengan yang diharapkan, lakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Komentar 3: pertimbangan tidak memesan di internet yaitu karena di internet juga sudah ada harga barangnya, jadi kita tidak bisa menaikkan harga dan hanya berharap dari diskon ke-agenan dimana kita juga harus menanggung ongkos kirim jakarta-manado dan retur jika ada barang yg salah, bisa jadi sisa diskonnya belum mencukupi biaya operasional kios.

Mengenai harga barang, harga barang di internet umumnya adalah harga FOB, belum termasuk biaya pengiriman. Jadi kalau membeli dari internet memang harus diperhitungkan biaya kirim, asuransi, dan resiko lain, sehingga otomatis mau-tidak mau harus menaikkan harga lebih tinggi dari yang di internet. Sebenarnya sama saja dengan beli di tanah abang dan pusat grosir lain, harganya juga harga beli ditempat, kalau beli untuk dikirim ke luar daerah tetap saja akan kena biaya pengiriman. Carilah barang-barang yang masih membuka peluang untuk dinaikkan harga jualnya. Kalau dari suplier sudah mematok harga dan tidak boleh menaikkan lagi harganya,pertimbangkan untuk mencari produk lain. Kalaupun produk tersebut memang branded dan bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung, mau tidak mau harus mengikuti harga jualnya, maka harus ditutupi dengan produk lain yang bisa memberikan margin yang lebih besar. Usahakan dalam transaksi nantinya setiap ada yang beli barang branded tawarkan juga produk lain yang memberikan profit lebih bagus. Ini untuk memberikan subsisi silang.

Saya juga sudah menjual produk toko kami, kepada pedagang di luar daerah, Kami juga memberi diskon penjualan sesuai ketentuan seperti yang ada di web toko saya dhewyz.com/store Umumnya mereka menaikkan harga jauh lebih tinggi dari harga eceran di toko kami. dan mereka tetap bisa menjual dan barangnya bisa laku. Saran saya coba pelajari harga pasaran barang-barang yang mirip dengan produk yang anda jual. Anda bisa bandingkan kualitasnya dan harganya, sehingga bisa punya sedikit patokan berapa persen kira-kira harga barang bisa dinaikkan secara optimum. Untuk menghindari retur, ada baiknya saat transaksi lakukan komunikasi yang intens dengan penjual. Jika ada keraguan, tanyakan terlebih dulu kepada suplier. Mungkin saja bagi penjual, yang ingin dicapai adalah memberikan pelayanan yang cepat, sehingga begitu ada transaksi langsung diproses secepatnya. Jadinya muncul resiko salah kirim barang. Juga untuk melakukan retur ada baiknya lakukan bersamaan dengan pemesanan berikutnya sehingga ongko kirim baliknya bisa ditutupi dengan ongkos saat pemesanan berikutnya tersebut.

Yang terakhir, meneruskan pesan & nasehat para guru spiritual (Ustadz Yusuf Mansur), bahwa dibalik setiap kesulitan ada beribu kemudahan dan bahwa shadaqoh di masa sulit nilainya pasti lebih tinggi dibanding shadoqoh di saat semuanya mudah. Dan shadaqoh mampu membuka pintu-pintu rejeki yang tertutup. Jadi sesuai anjuran beliau, perbanyak sedekah coba Pak, insyaAlloh akan diberikan berjuta kemudahan oleh Sang Pemberi Rejeki Alloh SWT. Ammiiiiinnn


Semoga bisa membantu.

Contact us

Phone :
+6221-70106042
Fax :
+6221-5307995

Mobile :
+62813-1903-0813
+6282111-310-310

OFFICE Address :
PGMTA (PUSAT GROSIR METRO TANAH ABANG) LANTAI DASAR BLOK B N0.153-155
Tanah Abang, Jakarta
Indonesia

Email :
dhewyz@dhewyz.com
dhewyz@yahoo.com

YM (chat)/ Yahoo Mesengger : dhewyz
PIN BB : 25F8315F Id : DHEWYZ.COM

Tidak ada komentar: